Begini Cara Agar Kucing Tidak Cepat Hamil

Catlovers.id — Kucing telah lama dikenal sebagai salah satu makhluk yang memiliki tingkat kesuburan tinggi. Sebab, seekor kucing dapat menghasilkan 50—150 anak kucing dalam hidupnya. Lantas, adakah cara agar kucing tidak cepat hamil?

cara agar kucing tidak cepat hamil
Pexels

Memiliki beberapa anak kucing lucu memang sangat menyenangkan karena rumah akan menjadi lebih ramai. Akan tetapi, apa yang terjadi jika si meong terus saja hamil tanpa adanya kontrol? Kamu mungkin akan sedikit terganggu karena jumlahnya yang terlalu banyak.

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Berikut ini akan diulas beberapa cara mengatasi kucing agar tidak cepat hamil bahkan tidak hamil sama sekali.

  1. Jangan biarkan kucing berkeliaran sembarangan

Hal yang bisa dilakukan agar kucing tidak hamil adalah dengan tidak membiarkannya bermain sembarangan, terutama jika dia sedang dalam masa birahi. Dalam hal ini, kamu wajib mengetahui tanda-tanda kucing birahi agar bisa melakukan pencegahan.

Saat kamu melihat gelagat si meong mulai aneh seperti mengeong cukup keras, sensitif, lebih sering berguling di lantai serta lebih terasa manja, maka sebaiknya mencegah dia bermain keluar hingga masa birahinya selesai.

  1. Campurkan ragi pada makanan kucing

Cara lainnya, yaitu dengan memberikan campuran ragi pada makanan kucing. Ambil beberapa jumput ragi lalu lumatkan dan campurkan hingga benar-benar rata. Selanjutnya, berikan campuran makanan tersebut kepada si meong.

Mencampurkan ragi ke dalam makanan kucing memang cukup ampuh untuk menghalangi kehamilan. Meski demikian, jangan pernah mencampur ragi pada makanan kucing yang tengah hamil sebab bisa membuat anak kucing terlahir cacat atau si induk mengalami keguguran.

  1. Suntik KB

Suntik KB dapat menjadi solusi lainnya yang paling ampuh dan praktis. Kamu hanya perlu membawa si meong kesayanganmu ke dokter hewan, kemudian biarkan dokter melakukan tindakan. Dokter akan segera menyuntikkan KB yang harus diulang kembali dalam kurun waktu enam bulan.

Biaya yang dikeluarkan untuk suntik KB sebenarnya tidak terlalu mahal, hanya saja kamu perlu rutin dan melakukan pengecekan agar tidak terlewat dari jadwal yang telah ditetapkan.

  1. Kebiri

Cara lain yang bisa digunakan, yaitu dengan melakukan langkah kebiri yang dilaksanakan lewat operasi. Langkah ini dapat menjadi sesuatu yang paling praktis dan permanen sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi.

Namun, beberapa pecinta kucing kurang menyukai kebiri karena dirasa cukup kejam bagi si meong. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kebiri cukup mahal sehingga kurang banyak dilirik sebagai salah satu alternatif.