Cara Mengatasi Agar Kucing Tidak Mudah Hamil

Catlovers.id – Tahukah catlovers, bahwa kucing adalah salah satu hewan yang paling mudah melakukan reproduksi. Memiliki banyak anak kucing memang sangat menyenangkan. Tetapi jika kucing terus-menerus hamil tanpa terkontrol maka akan semakin banyak pula anak-anak kucing dan semakin sulit merawatnya. Berikut bagaimana cara mengatasi agar kucing tidak mudah untuk hamil:

  1. Campurkan ragi pada makanan kucing

Hal pertama dalam cara mengatasi kucing agar tidak hamil, yaitu dengan memberikan campuran ragi pada makanannya. Ambil beberapa jumput ragi lalu lumatkan dan campurkan ke makanan hingga rata. Cara ini memang cukup ampuh untuk mengahalagi kehamilan kucing. Meski demikian, jangan mencampur ragi pada makanan kucing yang tengah hamil. Sebab anak kucing akan terlahir cacat atau induk mengalami keguguran.

  1. Jangan biarkan kucing berkeliaran sembarangan

Hal ke dua dalam cara mengatasi kucing agar tidak hamil, yaitu dengan tidak membiarkan kucing bermain sembarangan, terutama jika kucing sedang dalam masa birahi. Karena itu akan dapat mudah menyebabkan kucing kawin dengan kucing jantan. Ciri-ciri kucing birahi, yaitu kucing mengeong cukup keras, lebih sering bergulung di lantai, serta lebih terasa manja.

  1. Suntik KB

Hal ke tiga dalam cara mengatasi kucing agar tidak hamil, yaitu dengan suntik KB. Suntik KB dapat menjadi salah satu solusi agar kucing tidak mudah hamil. Catlovers cukup membawanya ke dokter hewan dan meminta menyuntikkan KB yang nantinya harus diulang kembali pada masa waktu enam bulan mendatang. Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, hanya saja catlovers perlu rutin dan melakukan pengecekan agar tidak terlewat dari jadwal yang telah di tetapkan.

  1. Dikebiri atau dimandulkan

Hal ke empat dalam cara mengatasi kucing agar tidak hamil, yaitu dengan mengekebiri atau memandulkan kucing dengan cara operasi. Cara ini praktis dan permanen sehingga catlovers tidak perlu khawatir jika kucingnya tidak hamil lagi. Tetapi cara ini lebih banyak mengeluarkan biaya yang cukup mahal dari cara-cara lainnya.

Beberapa cara mengetasi kucing agar tidak mudah hamil tersebut hanya merupakan sebuah alternatif. Jika catlovers merasa masih mampu merawat anak-anak kucing, ada baiknya membiarkan induk hamil hingga melahirkan. Selamat mencoba.