Cara Mudah Menjaga Kucing Agar Tetap Sehat

Catlovers.id — Catlovers, melihat kucing peliharaan kita sehat dan aktif tentu menjadi hal yang sangat menggembirakan bukan? Namun, kucing tidak selamanya sehat karena terkadang mereka juga sakit. Kamu tidak perlu khawatir, ada cara mudah menjaga kucing agar tetap sehat.

cara mudah menjaga kucing
Foto: Pixabay

Saat kucing sakit, yang bisa kamu lakukan adalah mengobatinya dan menjaga kesehatannya sebelum sakit. Nah, berikut ini ada beberapa tips mengenai cara menjaga kucing kesayangan kamu tetap sehat dan aktif.

  1. Jangan biarkan kucing berkeliaran di luar rumah

Hal ini memang cukup keterlaluan karena kamu harus mengekang kebebasan si kucing. Akan tetapi, dengan menjaganya tetap berada di dalam rumah, maka akan membuat si kucing terhindar dari serangan hewan atau kucing lain, parasit, dan juga aman dari tertabrak kendaraan yang berlalu lalang di jalanan. Untuk mengimbanginya, sebaiknya kamu juga sering-sering mengajak si kucing jalan-jalan di luar ruangan.

  1. Kotak pasir dan mangkuk air

Pastikan selalu ada air bersih untuk diminum oleh kucing setiap harinya. Ketersediaan air bersih ini akan mendorong si kucing minum lebih banyak. Dengan minum lebih banyak, kucing akan terhindar dari beberapa penyakit seperti diare, gagal ginjal, cystitis, dan melancarkan pencernaannya.

Kotak pasir bisa menjadi indikator paling gampang untuk mendeteksi kondisi kesehatan kucing. Jika kotoran kucing encer atau tidak buang air selama 2 hari/lebih, berarti kondisi tubuh si kucing tidak normal.

  1. Ciptakan kondisi rumah yang bebas bahaya

Meski sudah di dalam rumah, kucing masih belum bebas sepenuhnya dari bahaya. Dia masih bisa tersengat listrik, menelan benang, bahkan menelan bahan beracun. Jadi, pastikan stop kontak di rumah kamu berada pada posisi yang cukup tinggi di tembok, dan tidak ada benda-benda beracun seperti obat nyamuk batangan yang berserakan di lantai.

  1. Perhatikan berat badan si kucing

Mungkin bagi kamu kucing gemuk itu menggemaskan. Padahal, dengan tubuh gemuk si kucing dapat terserang berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan arthritis. Jadi, sering-seringlah bermain dengan kucing kamu ya agar lemaknya terbakar. Kamu juga perlu memperhatikan porsi makan si kucing.

  1. Periksa tahunan

Akan lebih baik jika rutin setahun sekali entah itu dalam kondisi sakit atau terlihat sehat, kucing dibawa ke dokter hewan. Dengan demikian, dapat memantau kondisi kesehatan kucing yang tidak dapat kamu lakukan.