Kebiasaan Unik Kucing yang Bisa Jadi Masalah

Catlovers.id — Kebiasaan unik kucing memang sifat alamiahnya, namun terkadang malah akan menjadi masalah bagi pemiliknya. Faktanya, banyak kebiasaan buruk kucing timbul karena mereka merasa bosan dan frustasi. Kebosanan biasanya menjadi dilema yang dialami kucing rumahan yang tidak terlalu banyak aktivitas.

Kebiasaan unik kucing
Foto: Pexels

Nah, apa saja sih kebiasaan unik si mpus yang justru bisa jadi masalah? Mari kita cari tau apa saja masalah-masalah yang timbul oleh perilaku kucing kamu di rumah.

  1. Naluri memburu kucing sangat kuat

Naluri kucing untuk memburu mangsanya sangat kuat, terlebih lagi jika kucing yang kamu pelihara adalah jenis domestik atau kucing kampung. Mangsa yang mereka suka buru ialah tikus dan burung. Oleh karena itu, mereka akan dengan spontan mengejar binatang-binatang tersebut.

Solusi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hal itu, yakni pastikan asupan makanannya selalu ada dan membuat mereka kenyang sehingga mereka segan untuk berburu binatang lain. Kamu juga bisa belikan mereka mainan yang berbentuk bola atau tikus. Hal ini akan berguna sebagai pengalihan naluri memburu mereka.

  1. Pipis dan pup di dalam rumah

Perilaku yang biasa kucing lakukan berdasarkan naruli alamiah lainnya, yaitu pipis atau pup di sembarang tempat. Hal itu mereka lakukan sebagai penanda daerah teritori. Namun, masalahnya itu bisa membuat sisi rumah menjadi bau.

Solusinya, sediakan pasir khusus dalam kotak pasir (litter box) yang bisa menjadi tempat mereka buang air. Kucing biasanya akan buang air di tempat yang sama jadi setelah mereka terbiasa membuang air di pasir khusus, maka selanjutnya mereka akan mengerti dimana mereka akan buang air.

  1. Mencakar perabotan

Mencakar perabotan dilakukan kucing biasanya karena mereka merasa bosan atau disebabkan sebagai tanda bahwa perabotan itu termasuk bagian dari daerah kekuasaannya. Penyebab lain bisa jadi kucing hanya ingin memastikan kuku mereka cukup tajam untuk memburu mangsa mereka.

Solusinya, belikan mereka mainan khusus untuk memanjat atau mencakar (scratching post) agar mereka dapat melampiaskan naluri mencakar melalui mainan tersebut. Cara praktis berikutnya adalah memotong kuku mereka. Jika kamu belum pernah mencoba memotong kuku kucing, disarankan untuk membawa mereka ke petshop terdekat.