Kenapa Kucing Gemar Berkelahi? Seperti Ini Alasannya

    Catlovers.id Kenapa kucing gemar berkelahi? Kamu mungkin sering dibuat kaget karena tiba-tiba kucing di dalam rumah memulai peperangan dahsyatnya. Suara mereka sangat berisik, ditambah dengan kejar-kejaran yang mengakibatkan hancurnya barang pecah belah yang tanpa sengaja tersenggol atau bahkan tertabrak.

    kenapa kucing gemar berkelahi
    Foto: Pixabay

    Sebenarnya, ada beberapa alasan lho Catlovers kucing tiba-tiba berkelahi dan berisik membuat kegaduhan di seluruh isi rumah. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

    1. Kelaparan

    Kelaparan memang bisa menjadi pemicu perkelahian. Rasa lapar membuat kucing mudah marah dan mulai memukuli temannya. Temannya yang tidak terima akan berteriak dan membalas. Begitu seterusnya dan ramailah rumah kamu karena perkelahian mereka.

    1. Cemburu

    Jika kamu memiliki kucing lebih dari satu, sebisa mungkin berikanlah perhatian yang merata untuk semuanya. Memberikan perhatian lebih pada satu kucing dengan mengabaikan kucing lainnya akan menimbulkan kecemburuan sosial. Saat-saat tertentu, kucing yang merasa terabaikan akan membuat kekacauan dan menggelar arena perkelahian masal.

    1. Perebutan daerah kekuasaan

    Kucing adalah hewan yang sangat mencintai teritorial atau daerah kekuasaannya. Walaupun berada di dalam rumah yang tidak terlalu luas, mereka selalu memiliki area pribadi. Walau itu hanya di atas kulkas atau sebatas ujung sofa. Jika kucing lain berusaha mengambil spot favoritnya, maka kucing itu akan marah dan akhirnya berkelahi.

    1. Bau kucing baru

    Kucing baru yang masuk ke rumah baunya berbeda dengan kucing yang sudah ada. Bau asing ini membuat mereka waspada karena merasa terancam. Mereka berusaha mengenali bau itu atau kalau bisa mengusirnya. Untuk itu, kamu harus lebih hati-hati kalau berencana membawa kucing baru ke dalam rumah.

    1. Pengaruh hormon

    Kucing yang memasuki masa puber akan mengeluarkan hormon yang khas. Aroma hormon ini disukai oleh pasangannya, namun tidak disukai oleh kucing pesaing. Saat mencium aroma hormon kucing saingannya, mereka menjadi sensitif dan mudah memicu perkelahian.