Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Kucing

Catlovers.id — Catlovers, kamu harus mengerti nutrisi penting yang dibutuhkan kucing untuk menunjang pertumbuhannya agar ia selalu sehat dan aktif. Misalnya saja kamu harus memerhatikan komposisi nutrisi pada setiap makanan yang akan kamu berikan pada si manis.

nutrisi penting yang dibutuhkan kucing
Foto: Pexels

Apa saja nutrisi penting itu? Nah, berikut ini ada 4 kandungan terpenting yang harus ada pada makanan si manis.

  1. Protein

Ada banyak perbedaan pada setiap jenis protein dan masing-masing mengandung kombinasi asam amino yang dibutuhkan untuk menumbuhkan dan membentuk jaringan tubuh. Protein juga merupakan sumber energi dan semakin muda umur seekor kucing, semakin banyak protein yang dibutuhkan karena mereka lebih aktif. Makanan yang kaya akan protein di antaranya daging, ikan, telur, susu, dan keju.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat tidak termasuk dalam nutrisi kucing karena kucing dapat bertahan tanpa karbo, tetapi mereka bermanfaat untuk memberikan energi lebih ketika kucing hamil atau menyusui. Karbohidrat merupakan sumber serat yang cukup membuat perut kucing kenyang dan menambah jumlah kotorannya.

  1. Lemak

Lemak memberikan sumber utama akan energi dan harus terbentuk setidaknya 9% dari makanan kucing. Lemak terbagi menjadi asam lemak arakidonat dan asam omega-3 yang berfungsi sebagai pelindung kulit dan mencegah bulu kucing rontok.

Omega-3 sangat diperlukan kucing untuk menjaga penampilan mereka tetap terlihat molek. Selain untuk kulit dan bulu, omega-3 juga berfungsi mempercepat pertumbuhan kuku kucing yang telah dipotong.

Akan tetapi, konsumsi lemak yang berlebihan akan menyebabkan timbunan lemak yang terdapat di bawah kulit. Tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak karena kucing akan terlihat gemuk dan malas beraktivitas. Selain itu, kucing yang gemuk akan retan terhadap risiko penyakit diabetes dan jantung.

  1. Mineral dan vitamin

Kucing membutuhkan vitamin A, D, E, B, dan K pada makanan mereka. Walaupun begitu, kamu tidak boleh memberikan kucing kamu vitamin dan mineral dalam jumlah yang terlalu banyak karena hal tersebut dapat berbahaya. Misalnya terlalu banyak vitamin dapat menyebabkan rematik pada kaki dan tulang belakang.