Nutrisi untuk Kucing Menyusui

Catlovers.idNutrisi untuk kucing menyusui sangatlah penting untuk menghasilkan susu yang menyehatkan bagi anak kucing. Antibodi dari induk kucing terkandung di dalam air susu pada hari pertama anak kucing lahir. Oleh karena itu, sebaiknya memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi sejak tahap akhir kehamilan induk kucing.

nutrisi untuk kucing menyusui
Foto: Shutterstock

Kucing hamil harus mendapatkan makanan yang tinggi protein, vitamin dan mineral sesegera mungkin. Berikan induk kucing makanan yang berkualitas sampai tahap akhir kehamilan. Kemudian, pada saat tiga sampai empat minggu terakhir beralihlah ke makanan anak kucing kalengan yang berkualitas.

Karena induk kucing tidak terlalu banyak makan setelah melahirkan, pastikan induk kucing telah memiliki simpanan nutrisi yang baik sebelumnya. Kemudian, beberapa hari berikutnya, induk kucing akan lebih bernafsu untuk makan. Berilah induk kucing makanan dan air yang banyak.

Beri induk kucing makanan setidaknya tiga kali sehari. Cara ini dapat dilakukan selama tiga sampai empat minggu dalam masa menyusui asalkan induk kucing tidak terlalu bertambah berat badannya hingga menyebabkan obesitas. Pada dasarnya, pemberian makan pada induk kucing yang sedang menyusui dilipatgandakan atau bahkan empat kali lipat.

Menurut National Academies of Science, induk kucing yang sedang menyusui atau hamil memerlukan kira-kira 600 kalori per 10 pound berat badan atau 600 kalori per 4.53592 kilogram berat badannya.

Beberapa dokter hewan akan merekomendasikan resep makanan yang diformulasikan untuk induk kucing yang menyusui dan anak-anaknya. Resep makanan ini biasanya tinggi protein, lemak, kalsium, dan mineral lainnya.

Suplemen vitamin juga dapat diberikan pada induk kucing yang menyusui asalkan diberikan dengan dosis yang tepat. Suplemen kalsium juga sangat penting, karena kekurangan kalsium dapat menyebabkan penyakit yang cukup fatal.

Selain itu, mineral lainnya seperti fosfor, magnesium, besi, kalium, dan natrium penting untuk mencegah anemia dan dehidrasi pada induk dan anak kucing. Karbohidrat yang rendah dapat menstabilkan kadar glukosa induk kucing yang mencegah diabetes pascamelahirkan.

Induk kucing sebaiknya diberi makanan anak kucing yang bernutrisi pada minggu-minggu pertama dari masa menyusui. Makanan kalengan umumnya dianggap sebagai pilihan yang lebih baik karena kalau yang digunakan adalah makanan kering, karbohidratnya terlalu tinggi. Komposisi makanannya sebaiknya terdiri atas protein dari bahan yang berkualitas, vitamin, dan mineral, serta sedikit karbohidrat.