Rabies pada Kucing, Menular ke Manusia Kah?

Catlovers.id – Kucing ternyata termasuk hewan yang dapat tertular rabies juga loh! Jika kita tergigit oleh kucing yang terkena penyakit rabies maka tidak menutup kemungkinan dapat tertular oleh penyakit tersebut. Rabies termasuk penyakit yang sangat berbahaya, walaupun rabies biasanya disebut sebagai penyakit anjing gila, ternyata kucing juga bisa menjadi sarana penularan. Mungkin sebagian besar dari kita yang masih awam berpikiran jika hanya anjing saja yang bisa menulari atau menularkan penyakit rabies, tetapi pada faktanya kucing juga termasuk hewan yang bisa menulari. Selain kucing, semua makhluk hidup yang berdarah panas juga memungkinkan terkena rabies, itu berarti termasuk kita semua.

Penyakit rabies dapat menyebabkan kematian, tak hanya pada kucing dan hewan lainnya. Namun, juga kepada orang yang tertular penyakit ini. Penyakit rabies merupakan kategori penyakit yang bersifat takut air atau hidrofobia. Ada pula yang menyebutkan, jika hewan yang terkena rabies tidak bersifat hidrofobia, itu hanya terjadi pada manusia yang terinfeksi rabies. Namun, ada lagi beberapa orang yang menyebutkan hal yang berbeda. Terbukti dari ketika memberikan air untuk diminum pada kucing rabies yang kehausan, kucing tersebut akan mengalami kejang otot, jadi seolah kucing tersebut takut kepada air.

Gejala terkenanya rabies pada kucing dikarenakan dengan virus rabies, yang dapat menyerang tubuh hingga dapat menyebabkan luka dalam dan merusak sistem nerves korban. Virus rabies me-multiply sendiri hingga masuk ke otak. Korban yang rabies biasanya mengalami halusinasi, bahkan terkadang dapat melukai yang lain, termasuk melukai dirinya sendiri. Jika sekali saja terserang rabies maka kucing kesayangan kita mungkin akan dapat mengalami kematian.

Kucing yang jarang dibawa keluar rumah, besar kemungkinan tidak terkena rabies. Namun, untuk mencegahnya, sebaiknya memvaksinasi kucing. Vaksinasi rabies secara oral untuk satwa liar dengan Raboral V-RG, yang telah digunakan di Amerika Serikat sejak tahun 1990. Dengan begitu, catlovers lebih nyaman dan aman terhadap kesehatan kucing kesayangan, terutama jika hendak akan dibawa bepergian. Selamat mencoba..!