Rawat Kucing Tua Agar Terhindar dari Serangan Jantung!

Catlovers.id – Catlovers, tahukah jika kucing berusia 1 tahun setara dengan usia manusia 15 tahun? Menurut The American Animal Hospital Association, kucing dikatakan memasuki usia tua saat ia menginjak usia 7 tahun ke atas atau setara dengan usia 40-an pada manusia. Seperti halnya manusia yang berusia lanjut, kucing senior juga mengalami penuaan, kelincahan, fungsi organ, dan panca indera mengalami penurunan. Tentu saja kucing yang sudah tua atau senior membutuhkan perawatan yang berbeda. Bagaimana cara merawatnya? Inilah 5 cara perawatan yang harus catlovers ketahui.

1. Batasi akses gerak kucing

Jika kucing mulai tidak mengenali orang-orang di rumah, menggunakan tempat yang tidak biasa untuk buang air, berjalan-jalan seolah berada di tempat baru, atau suarannya berubah, itu menandakan si kucing mengalami disorientasi atau pikun. Kondisi ini disebabkan penurunan fungsi otak dan biasanya terjadi pada kucing yang berusia 16 tahun ke atas. Oleh karena itu, batasi akses kucing dan selalu tutup pintu untuk mencegah si kucing terjebak dan tersesat.

2. Tambahkan litter box

Kucing yang sudah berusia lanjut biasanya punya masalah dengan litter box. Tambahkan jumlah litter box di sekitar rumah dan pastikan pula si kucing bisa masuk dan keluar litter box dengan mudah karena bisa saja kucing mengalami masalah persendian yang bisa membatasi pergerakannya.

3. Terapkan gaya hidup sehat

Kebutuhan nutrisi kucing usia lanjut dan usia muda tidak berbeda. Faktor usia tidak mengubah selera makan atau porsi makan si kucing, tetapi gaya hidup punya dampak yang signifikan terhadap kesehatan kucing. Pastikan pola makan kucing teratur dengan mengatur pola asupan kalorinya agar tidak berlebihan. Pada kucing yang usianya sudah tua, rentan terkena diabetes, obesitas, dan penyakit berbahaya lainnya, termasuk serangan jantung.

4. Pastikan kucing cukup minum

Kucing yang sudah tua membutuhkan asupan air yang cukup. Siapkan beberapa mangkuk air di sekitar rumah. Kalau perlu paksakan kucing untuk minum dengan menggunakan spuit serta kurangi juga porsi makanan kering dan perbanyak porsi makanan basah.

5. Beri kenyamanan

Pastikan kucing yang sudah berusia tua atau senior merasa nyaman, aman, dan tenang di hari tuanya. Kita sediakan tempat tidur yang nyaman dan tenang yang jauh dari keramaian dan sediakan pula satu atau dua mainan favoritnya. Kucing yang sudah senior biasanya tidak melakukan grooming jika dibandingkan dengan kucing yang lebih muda. Bantu kucing tua meng-grooming dirinya dan luangkan waktu setidaknya sehari dua kali untuk menyisir bulu si kucing.