Sudah Tahu Belum? Anjing dan Kucing Juga Bisa Donor Darah Lho

Catlovers.id ā€” Catlovers, sama halnya seperti manusia, anjing dan kucing pun membutuhkan transfusi darah saat keadaan tertentu seperti saat sakit atau setelah mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, anjing dan kucing juga bisa mendonorkan darah untuk menolong temannya yang membutuhkan.

anjing dan kucing
Foto: Pixabay

Sama seperti donor darah pada manusia, anjing dan kucing yang akan mendonorkan darahnya harus melewati proses pemeriksaan untuk menentukan apakah mereka cukup sehat, punya berat badan yang cukup, dan memiliki hemoglobin (sel darah merah) yang cukup. Selain itu, hewan peliharaan yang akan mendonorkan darah ini juga harus merasa nyaman.

ā€œJika pemilik harus memaksa peliharaannya untuk mendonorkan darah, kami tidak akan mengizinkan anjing itu menjadi donor,ā€ kata Manu Boller, dokter hewan dari University of Melbourne, kepada ABC.

Sekali mendonorkan darah, anjing dapat menyumbangkan 450 mililiter darah. Mengingat jumlah darah yang didonorkan oleh anjing cukup banyak, maka anjing harus memiliki berat di atas 25 kilogram untuk dapat menjadi donor.

Sementara itu, kucing harus memiliki berat setidaknya empat kilogram untuk menjadi donor. Namun ada juga yang mengatakan kucing harus memiliki berat setidaknya mendekati lima kilogram. Kucing dapat menyumbangkan 40 hingga 55 mililiter darah dalam sekali donor.

Kalau darah manusia biasanya diambil melalui pembuluh darah di lengan, pada anjing dan kucing darah akan diambil dari pembuluh di leher dan proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Setelah diambil darahnya, anjing biasanya diberi makanan ringan dan minum untuk mengembalikan tenaga mereka sebelum pulang. Namun pada kucing, mereka seringkali tidak mau minum setelah menjadi donor dan karena itu, biasanya kucing harus diinfus untuk menghindari dehidrasi.

Selain malas minum setelah donor, kucing juga lebih mudah panik dan sulit dikendalikan sebelum donor. Oleh karena itu, kucing akan dibius ringan terlebih dulu sebelum mendonorkan darah.

Apabila manusia punya empat golongan darah, anjing memiliki 13 golongan darah dan kucing memiliki tiga jenis, yaitu A, B, dan AB. Sama seperti manusia, bila darah anjing dan kucing ini tidak langsung digunakan, darah bisa disimpan dulu. Darah hewan peliharaan ini bisa disimpan selama satu tahun.