Ternyata Ini Penyebab Kucing Takut Air

Catlovers.id ā€“ Memandikan kucing peliharaan merupakan sebuah pekerjaan yang menyita banyak waktu bagi catlovers bukan? Pasalnya, memandikan kucing bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih, jika kucing tidak terbiasa untuk dimandikan. Seperti yang catlovers ketahui terdapat beberapa ras kucing yang sangat takut air.

Lantas, apa sih penyebab kucing takut dengan?

Ada beberapa alasan kucing kesayangan kita takut atau tidak menyukai air. Pertama, bulu kucing menyerap air dengan baik sehingga saat basah membuat kucing seperti membawa beban berat di tubuhnya dan memperlambat pergerakannya. Kedua, menurut John Bradshaw, Ph.D, Direktur Anthrozoology Institute diĀ  the University of Bristol dan penulis Cat Sense, besar kemungkinan kucing takut air karena nenek moyang mereka berasal dari daerah kering.

Mereka tak terbiasa dengan genangan air dan tak punya kemampuan berenang. John juga berpendapat bahwa air yang mengalir bisa jadi dianggap ancaman potensial oleh kucing lantaran suara dan cahayanya yang terlihat pada mata kucing.

Beberapa kucing justru suka dengan air

Catlovers pasti tahu bahwa beberapa kucing suka dengan air. Pasalnya, beberapa kucing suka menangkap ikan, tapi bukan berarti masuk ke dalam air, cukup memijakkan kaki di tanah dan menangkap ikan yang lewat dengan mulutnya. Ada juga yang menyukai minum air langsung dari keran, tapi bukan berarti suka ketika cakarnya terkena air. Tapi ada pula jenis kucing yang memang menyukai air, salah satunya turkish van. Jenis kucing yang berasal pinggir Sungai Van, Turki, ini bahkan terbiasa berenang sejak masih usia anak kucing.

Lalu, bagaimana membujuk kucing supaya mau mandi?

Mandi sebaiknya memang tidak dilakukan terlalu sering karena bisa menghilangkan kelembapan alami kulit kucing. Dengan kebiasaan grooming-nya, kucing sebenarnya sudah berupaya menjaga tubuhnya tetap bersih. Tapi, memang ada kalanya kita sebagai pemilik mau tak mau memandikannya karena misalnya kucing terkena lumpur. Jangan panik kalau kucingmu mengeluarkan cakar dan meronta saat kakinya menyentuh lantai kamar mandi yang basah. Berusaha tenangkan ia dengan mengelusnya. Memberikannya camilan kesukaan sebelum masuk ke kamar mandi bisa juga menenangkannya. Untuk itu, sebaiknya catlovers menggunakan air hangat untuk memandikan si meong. (ast)