Yuk, Ajari Kucing Peliharaanmu Bermain Lempar Tangkap!

Catlovers.id – Bermain adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika kita bermain dengan hewan peliharaan seperti kucing. Pasalnya, bermain merupakan sebuah aktivitas yang sangat baik untuk mempererat hubungan antara catlovers dan kucing peliharaan lho. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin bermain bersama kucingmu setiap hari ya.

Ada banyak jenis permainan yang dapat catlovers pilih untuk bermain bersama kucing. Salah satunya, bermain lempar tangkap. Pasti catlovers berpikir bahwa permainan lempar tangkap hanya untuk anjing ‘kan?! Kucing juga bisa kok kita ajak bermain dan kita ajari cara bermain lempar tangkap dengan benar.

Menurut seorang pakar perilaku hewan peliharaan, Arden Moore, ketika kita mengajak kucing kesayangan bermain lempar tangkap, ia bisa mendapatkan rangsangan fisik dan mental yang pada akhirnya memengaruhi kualitas hidup menjadi lebih baik.

Lalu, bagaimana caranya melatih kucing bermain lempar tangkap? Simak tips berikut.

  1. Tentukan lokasi bermain yang tepat

Untuk mengajaknya bermain dan melatihnya, catlovers harus mencari lokasi yang strategis. Usahakan menggunakan ruangan tertutup dan tidak terlalu besar. Hal ini karena kucing butuh konsentrasi saat latihan sehingga kita tidak ingin ada orang atau gangguan lain yang bisa memecah fokusnya. Seiring kucing makin baik dalam permainan, kita bisa mulai mencari tempat yang lebih luas.

  1. Pilih mainan yang tepat

Kucing adalah hewan unik dengan kepribadian yang berbeda-beda. Ada kucing yang mungkin suka mengejar gumpalan kertas, kucing lainnya mungkin suka mengejar mainan ringan dengan bunyi-bunyian. Cari tahu mainan apa yang disukai kucing kesayangan.

  1. Pilih waktu yang tepat

Mulailah sesi permainan ketika kucing benar-benar dalam kondisi sadar, tidak sedang mengantuk atau baru saja bangun tidur. Moore menyarankan untuk memulai sesi setiap kali sebelum jam makannya.

  1. Beri penghargaan

Setiap kali melatihnya bermain lempar tangkap, pastikan catlovers selalu memberikan penghargaan jika ia bisa mengikuti komando catlovers ya. Penghargaan bisa berupa camilan.

  1. Biarkan kucing berkenalan dengan mainan

Sebelum memulai latihan, biarkan kucing mengenali dan terbiasa dengan mainan yang akan kita gunakan. Letakkan mainan dalam jangkauannya dan biarkan ia mengendusnya dan menyentuhnya, tapi jangan berikan ia camilan setelah melakukan ini. Jika kucing menggigit dan memasukkan mainannya ke mulut, baru berikan camilan. Dengan begitu, ia mengerti bahwa itulah yang harus dilakukannya. Teruskan proses latihan ketika ia mulai melakukannya dan mulai menjangkau mainan dari tangan kita dengan telapak atau mulutnya. Beristirahatlah sejenak supaya kucing tidak terlalu lelah dan bosan ya catlovers. (ast)